Senin, 16 Januari 2012

Jenis Jenis Modifikasi Motor

Dalam melakukan modifikasi sepeda motor, selain faktor ketersediaan dana, seseorang juga akan melihat kebutuhan mereka pada sepeda motor tersebut. Untuk sepeda motor yang hanya digunakan pada acara tertentu memang memungkinkan untuk dilakukan modifikasi secara ekstrem.

Namun lain halnya jika sepeda motor tersebut juga digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Tentu faktor fungsional menjadi sebuah pertimbangan saat melakukan modifikasi sepeda motor. Beberapa jenis modifikasi yang sering dilakukan di antaranya adalah :
Pemasangan box. Ada dua jenis box yang biasa dipasang, yaitu back box atau box di bagian belakang serta side box atau box samping. Pemasangan box ini biasanya dilakukan untuk mereka yang gemar melakukan touring dengan sepeda motor guna membawa perbekalan dan perlengkapan.

Ban. Modifikasi pada ban mencakup dua kategori, yaitu masalah ukuran dan jenis. Untuk ukuran, biasanya modifikasi yang dilakukan adalah dengan memperbesar ukuran ban yang bertujuan meningkatkan kestabilan. Sedangkan jenis ban biasanya diganti dengan ban tubeless yaitu ban yang tidak menggunakan ban dalam. Hal ini bermanfaat untuk kenyamanan dan juga kepraktisan.

Shockbreaker. Modifikasi di bagian ini ditujukan untuk meningkatkan kenyamanan dan kestabilan berkendara khususnya ketika harus melalui jalan yang kurang baik.

Lampu. Untuk para biker yang gemar berkendara di malam hari atau juga menjelajahi kawasan pegunungan, penggunaan lampu kabut sangatlah membantu. Selain itu, ada juga modifikator yang menambahi perangkat lampu bahaya di motor mereka.

Hand Guard. Tujuannya untuk melindungi bagian telapak tangan agar ketika terjadi benturan tidak menimbulkan dampak lebih serius.

1 komentar:

  1. Kurang lengkap gan , fairing , felek dll tdk ada , semoga berguna komen ane tq gan

    BalasHapus